Posisi Berdiri yang Baik Dalam Bermain Golf

Posisi Berdiri yang Baik Dalam Bermain Golf

April 14, 2021 Off By mosscre

Posisi Berdiri yang Baik Dalam Bermain Golf – Permainan golf bertujuan untuk memindahkan bola dari satu posisi ke posisi lain dengan jumlah tembakan yang minimal. Untuk itu, tentunya selain keakuratan ayunan, juga diperlukan postur berdiri yang benar untuk bermain golf.

Posisi Berdiri yang Baik Dalam Bermain Golf

mosscreekgolfclub – Bagi seorang pemukul, cara berdiri menghadap bola atau biasa disebut dengan alamat sebelum memukul bola berpengaruh pada ayunan tongkat golf.

Untuk pemain lain, memposisikan diri saat bermain golf dapat mengakibatkan pemain terkena bola, batu, cabang, tongkat golf, atau kerikil di sekitar lapangan golf.

1. Berdiri dekat dengan bola

Dilansir dari gogolf, Saat bermain golf, yang terbaik adalah menghentikan bola pada posisi membidik, tidak terlalu jauh. Berada di dekat ball station akan memungkinkan Anda untuk memperbaiki cacat pada chipping. Anda bisa meluruskan tongkat golf dari belakang ke depan.

Postur ini jauh lebih baik daripada mengayunkan tongkat golf dengan gerakan yang lebih melingkar. Berdiri terlalu jauh dari bola dapat menyebabkan lengan meluruskan dan mengunci siku, yang dapat menyebabkan seringnya pukulan atau bola menekuk busur. Namun, pastikan untuk tidak berdiri terlalu dekat dengan bola, sehingga menyulitkan untuk menembak. Cobalah beberapa tembakan pada jarak yang berbeda dari bola sampai Anda menemukan posisi yang nyaman antara bola, ujung tongkat pemukul dan tubuh Anda.

Baca juga : Klub Golf Tertua Di Jakarta

2. Berdiri tegak

Saat Anda ingin memukul bola, berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu adalah postur standar. Lebar bukaan kaki bisa berbeda-beda antara satu orang dengan yang lain, tergantung kenyamanan masing-masing orang. Posisi ini membuat postur tubuh terlihat tegas dan tegas.

3. Sedikit membungkuk

Setelah Anda memiliki tumit yang kokoh, putar pinggul Anda ke belakang dengan sudut yang cukup untuk sedikit menekuk tubuh Anda. Luruskan kaki Anda dan jadilah kuat untuk mempertahankan postur tubuh yang tegas. Hindari memiringkan ke depan, karena ini akan membuat lokasi alamat tidak stabil.

4. Menekuk lutut sedikit

Agar posisi alamat tidak terlalu kaku dan terasa lebih natural, tekuk sedikit lutut Anda. Jangan terlalu banyak membungkuk saat menekuk lutut untuk menghindari perubahan kekuatan kaki saat berbicara. Dalam postur ini, postur berdiri yang benar untuk golf adalah sempurna.

5. Luruskan tangan Anda

Saat Anda menekuk lutut, gantung tangan Anda tepat di bawah dagu. Dan posisi bahu sejajar dengan jempol kaki. Postur ini merupakan postur latihan yang seimbang, sehingga Anda bisa memukul bola dengan tepat.

6. Letakkan tongkat golf di sebelah bola

Setelah menemukan posisi berdiri yang cocok dan nyaman, letakkan tongkat golf di sebelah bola. Pastikan kepala tongkat golf berada di samping bola dengan wajah terbuka. Jika tongkat golf dipegang dengan benar, pegangan akan ditempatkan di paha kiri bagian dalam atau tegak lurus dengan sisi kiri bola.

Postur berdiri yang benar saat bermain golf dapat mencegah hilangnya momentum jika terjadi benturan. Keadaannya berbeda ketika pegangan diletakkan sejajar dengan bola atau di belakang bola, yang justru menyebabkan tangan kehilangan kekuatan karena pergelangan tangan tidak cukup kuat menahan benturan.

Teknik Melakukan Swing

Sebelum benar-benar bermain golf, pemain biasanya harus menguasai keterampilan bermain golf sebelum mereka benar-benar dapat melompat ke lapangan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan ayunan yang sempurna.

Sesuaikan posisi tubuh

Bagi pemula, teknik bermain golf adalah menempatkan tubuh agar seimbang dan kuat. Saat memukul bola, pastikan postur atau pijakan kaki Anda cukup kuat untuk menjaga keseimbangan tubuh. Dalam posisi seimbang, pemain bisa merasakan beban bergerak dari kanan ke kiri saat mengayun ke bawah. Saat poros berputar, punggung pemain harus dalam keadaan tetap dan tidak boleh mengubah posisi saat melakukan pukulan.

Gerakan mundur dan ke bawah

Agar gerakan ayunan lancar, pemain perlu berlatih maju mundur. Gerakan mundur merupakan gerakan tubuh yang memutar 90 derajat dari sasaran. Tindakan ini seperti memukul bola. Kemudian lakukan gerakan ke bawah dengan memutar ke belakang hingga posisi tubuh 90 derajat ke arah berlawanan.

Baca juga : Pegulat Ashley Elizabeth Fliehr, Juara Dunia Gulat

Dapatkan Feel

Teknik golf berikutnya adalah mendapatkan tembakan “perasaan”. Salah satu cara untuk mendapatkan “perasaan” tentang bermain golf adalah dengan melakukan pukulan sebanyak mungkin. Untuk mendapatkan “rasa” ayunan, pemain bisa melatih keterampilan dasar memukul, seperti postur berdiri, memegang tongkat dan bangku kaki dengan benar, hingga menemukan gaya memukul terbaik. Saat pemain menggunakan teknik mengayun yang benar, dia bisa merasakan gaya pukulan terbaik.

Ambil posisi tegak atau tekuk lutut sedikit agar tubuh terasa stabil. Kemudian angkat tongkat dengan tangan kanan Anda. Pastikan posisi joystick sejajar dengan tubuh Anda, dan tidak mengubah posisi sandaran tangan. Saat kaki kanan ditekuk, gunakan kaki kanan sebagai penyangga beban. Arahkan rocker ke bola target untuk mengayunkan rocker untuk melakukan gerakan menurun. Di akhir ayunan, posisi gada akan sejajar dengan posisi badan, dengan kaki kiri sebagai penopang, dan lutut kanan sedikit ditekuk.

Gunakan tenaga tubuh untuk mengayun, bukan tenaga lengan

Kesalahpahaman yang paling umum dalam golf adalah bahwa jarak pukulan bergantung pada tingkat keparahan ayunan. Faktanya, gerakan harmonis dari sentrifugal pemintalan tubuh dapat menghasilkan keterampilan terbesar dalam bermain golf. Untuk pemain pemula, silakan berlatih menggunakan gaya sentrifugal ini untuk memaksimalkan dampaknya. Dengan menguasai fungsi ini, pegolf kecil pun masih bisa memukul bola dengan sangat jauh.

Share this: